Selamatan Desa

Selamatan Desa, tradisi turun temurun yang dilestarikan oleh masyarakat desa Tulusbesar untuk memperingati Tahun baru Islam diselenggarakan kembali pada tahun 2023 ini. Pemerintah desa memperingati pada tanggal 10 Muharram 1445, atau pada tanggal 27 Juli 2023. Agenda tahunan ini diadakan selama satu hari penuh dalam satu rangkaian yang mengkolaborasikan kegiatan adat dan agama.

Pagi hari dibuka dengan Khotmil Qur’an oleh jamaah putri setempat, dilanjutkan dengan kirim doa dan ‘nyekar punden’ oleh pemerintah desa, BPD, BUMDES, PKK, GAPOKTAN, KATAR berziarah ke lima (5) punden yang ada di desa Tulusbesar. Nyekar punden dilakukan sebagai wujud doa kepada para leluhur, permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan pelestarian budaya.

Sore hari, bersama-sama dengan tokoh adat, tokoh agama, dan POKDARWIS, seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan nyekar punden juga mengikuti acara inti pertama, yaitu Ruwatan Desa. Yang kemudian dengan mengundang 1.200 warga desa, acara inti dilanjutkan di malam hari untuk melaksanakan Sholawatan Bersama, Santunan anak yatim piatu dan dhuafa, serta ditutup dengan istighosah, tahlil dan pengajian.

Scroll to Top